Berkemah Bersama Keluarga – Pilih Tenda Anda

Salah satu camping gear yang utama adalah tenda. Apalagi jika anda memutuskan untuk bermalam di camping ground atau lokasi perkemahan. Tentunya membutuhkan tempat bernaung. Beberapa camping ground menyediakan tenda untuk disewa. Seperti The Pines di Taman Dayu Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, atau di daerah Pantai Papuma, Jember, Jawa Timur. Tetapi jika camping ground yang anda pilih tidak menyediakannya, anda harus membawa tenda pilihan anda sendiri.

O iya, for your early information, jenis tenda yang standar dan cukup praktis untuk dibawa dalam kegiatan outbond adalah dome tent. Dan tulisan di bawah akan membahas tentang tenda jenis ini.

Hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah tenda untuk keluarga?

Saat ini, pilihan tenda sangat beragam. Tidak sulit bagi anda jika ingin mencari tenda, dengan berbagai merk, model, ukuran dan harga. Mulai dari toko adventure gear yang konvensional sampai online shop. Masalahnya sekarang, tenda yang mana yang anda pilih?

Bisa bergantung pada kondisi anda, seperti jumlah anak, usia anak, apakah anak laki-laki, perempuan, atau keduanya, dan jenis kemping yang anda rencanakan.

Untuk berapa orang?

Berapa orang peserta kemping dewasa dan anak? Jika keluarga anda terdiri dari 2 orang dewasa, 1 balita dan 1 batita seperti keluarga saya, dome tent dengan kapasitas 2-3 orang sudah cukup. Atau jika ingin ruang yang lebih lega, dome tent berkapasitas 4 orang juga bisa jadi pilihan. Umumnya, tenda yang dijual di pasaran memiliki beberapa pilihan kapasitas, seperti:

  • 1 orang; setahu saya, hanya merk Eiger yang menyediakan tenda dengan kapasitas ini.
  • 2-3 orang
  • 4 orang; ada tipe 3-4 orang, dan ada pula tipe 4-5 orang
  • 6 orang
  • 8 orang Tetapi, apakah anda benar-benar menbutuhkan tenda yang besar?

Ukuran dan Berat Tenda yang Sanggup Dibawa?

Logika sederhana, semakin besar kapasitas tenda, maka semakin lega, nyaman dan semakin banyak barang yang bisa dimuat di dalamnya. Seperti halnya sebuah mobil.

Tetapi ada beberapa kekurangan, untuk tenda berukuran besar, antara lain:

  • Tenda berkapasitas besar, cukup berat dan memiliki dimensi packing yang besar pula. Apakah anda punya ruang yang cukup dalam mobil anda? Apakah anda bersedia membawa tenda yang besar dan berat?

  • Akan membutuhkan waktu yang lebih, baik saat memasangnya, dan juga saat mengembalikan ke packing semula.

  • Seperti memiliki sebuah lemari besar di rumah. Semakin besar ruangnya, semakin anda terpacu untuk memenuhinya dengan barang-barang. Artinya, akan semakin banyak barang yang anda bawa, dan lebih lama waktu yang anda butuhkan untuk set-up perkemahan anda.

Buat anda yang menyukai tenda berkapasitas besar, saat ini banyak tenda jenis Ultra Light, dimana pole/frame yang digunakan terbuat dari material jenis aluminium alloy. Lebih ringan dari pole/frame yang terbuat dari material fiberglass. Jadi, untuk kapasitas yang sama, tenda Ultra Light (dengan pole dari alloy) akan memiliki berat setengah kali tenda yang menggunakan fiberglass frame.

Saya sendiri, lebih menyukai tenda jenis Ultra Light berkapasitas 2-3 orang. Jika anak-anak saya sudah bertambah dewasa, saya akan memilih untuk membeli tenda serupa. Jadi, bagi saya pribadi, lebih baik membawa 2 tenda berkapasitas kecil dan membagi tugas untuk membawa tenda kepada 2 orang, daripada 1 orang harus membawa sebuah tenda yang besar.

Setelah saya googling, dan mendapat beberapa contoh jenis tenda yang besar, memiliki ruang-ruang terpisah. Di Eropa mungkin jenis tenda semacam ini umum digunakan. Berikut lay-out dan penampakan luarnya

“Jendela, Dinding dan Pintu Masuk”

Tenda, adalah rumah kita di camping ground. Bagian utamanya antara lain:

Inner wall; umumnya terbuat dari polyester PA, dan breathable di beberapa jenis tenda. Breathable wall, dindingnya berpori besar, baik untuk sirkulasi udara. Dan konsekuensinya, ground sheet atau lantai tenda akan mudah basah karena menyerap air dari tanah atau rumput di bawahnya.

Untuk melindungi groundsheet, pasanglah footprint atau alas tenda sebelum anda mendirikan tenda. Anda bisa membeli footprint yang khusus di toko, atau substitusi dengan jas hujan Batman alias ponco gelar, terpal, alas duduk yang biasa dipakai orang pengajian (bisa anda dapat di pasar tradisional), atau bahkan perlak milik anak anda, yang sudah tak terpakai. Lebih mudah untuk mengeringkan dan membersihkan footprint, daripada harus membersihkan bagian bawah tenda anda.

Outer wall; untuk tenda jenis double wall, memiliki inner & outer wall. Terbuat dari dari polyester PU (polyurethane) coated. Beberapa model tenda, memiliki wall yang terbuat dari bahan yang fire retardant (tahan api), seperti Lafuma Campo.

“Jendela” atau ventilation flaps, biasanya tidak terlalu besar, dan terletak dekat bagian atas tenda, atau di samping.

Pintu masuk (entrance) dan teras, umumnya tenda memiliki 1 atau 2 entrance dan teras. Sebuah tenda dengan entrance yang besar, akan mengundang lebih banyak sinar matahari. Apakah anda menyukai kondisi ini?

Dan jika hujan mengguyurnya, apakah air hujan akan menetes masuk ke dalam tenda saat anda membuka pintu masuk tersebut? Beberapa jenis atau merk bisa jadi tidak mempertimbangkan kondisi ini pada kontruksi tendanya. Sayangnya jika anda membeli tenda di toko, yang berlokasi di dalam mall misalkan, anda tak mungkin mengetesnya dengan mengguyurkan air. J

Teras pada tenda bisa anda manfaatkan untuk menyimpan barang, selama itu tidak menghalangi akses keluar-masuk anda.

Beberapa bagian kecil lainnya, terkadang tersedia di tenda anda. Seperti:

  • Hook atau kait, untuk menggantung senter atau lentera
  • Kantung kecil, di sisi dalam inner wall
  • Mud valance, menjauhkan air hujan dari bagian bawah tenda

Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memilih tenda yang sesuai dengan rencana berkemah anda. Sekali lagi, untuk anda yang membaca tulisan ini, mohon komentar atau masukannya, dan share pengalaman anda dalam memilih tenda.

Salam Lestari,

Sumber: https://antoxhamid.wordpress.com/2013/12/27/berkemah-bersama-keluarga-pilih-tenda-anda/